Daftar Program Beasiswa untuk Kuliah di Belanda yang Wajib Kamu Lirik

Daftar Program Beasiswa untuk Kuliah di Belanda yang Wajib Kamu Lirik

Belanda adalah salah satu negara tujuan paling populer bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang selanjutnya. Kalau kamu adalah salah satu dari mereka yang bermimpi untuk mencari universitas terbaik di belanda namun terbentur masalah biaya, maka beasiswa pastinya adalah solusinya. Untungnya, ada banyak program beasiswa yang bisa kamu temukan untuk mewujudkan impianmu. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

Beasiswa Kuliah dari Pemerintah Belanda

  1. StuNed.

Studeren in Nederland atau StuNed adalah program beasiswa Belanda yang disediakan oleh pemerintah Belanda hanya untuk warga negara Indonesia. Tidak hanya mencakup biaya pendidikan, program ini juga menyediakan beasiswa penuh yang juga termasuk biaya hidup selama kamu kuliah di sana. Meskipun StuNed juga sering kali mengutamakan para pendaftar yang bekerja untuk instansi mitra kerja dari kedutaan besar Belanda, kamu tidak perlu lekas berkecil hati. Sebab, program beasiswa ini sebenarnya terbuka untuk siapapun asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

  1. NFP.

Netherlands Fellowship Program atau NFP ini juga diselenggarakan oleh pemerintah, tepatnya Kementerian Luar Negeri Belanda. Akan tetapi, berbeda dengan StuNed, NFP terbuka untuk para pelamar yang berasal dari berbagai negara. Selain itu, program yang satu ini juga dibatasi untuk mereka yang tidak bekerja di perusahaan besar atau multinasional, atau organisasi non-laba internasional.

Program Beasiswa Pendidikan di Belanda Lainnya

Selain kedua program yang disediakan oleh pemerintah Belanda tersebut, masih ada beberapa beasiswa lainnya yang patut kamu pertimbangkan, lho.

  1. OTS.

Orange Tulip Scholarship atau OTS merupakan beasiswa yang ditujukan khusus untuk warga negara Indonesia. Dananya sendiri berasal dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia, institusi pendidikan dari Belanda, dan perusahaan swasta. Dengan demikian, pihak sponsornya pun dapat berganti-ganti setiap tahunnya. Jenis beasiswa yang ditawarkan OTS merupakan beasiswa parsial dalam bentuk pengurangan biaya pendidikan. Karenanya, kamu harus mengakses laman situs resmi OTS dulu untuk mengecek apakah universitas di Belanda impianmu juga terdaftar di dalam skema untuk tahun akademik berikutnya.

  1. Beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Beberapa organisasi pemerintah Indonesia sebenarnya sudah menganggarkan dana untuk beasiswa penuh, lho. Salah satu contohnya adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan alias LPDP yang pasti sudah sering kamu dengar. Selain itu, ada juga beasiswa dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Nah, dari daftar program beasiswa untuk melanjutkan studi di Belanda tersebut, mana yang paling menarik perhatianmu?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*