Cara Belajar Bahasa Inggris: “Idiom” untuk Meningkatkan Score TOEFL

Cara Belajar Bahasa Inggris: “Idiom” untuk Meningkatkan Score TOEFL

Ketika kamu belajar bahasa Inggris, suatu saat kamu pasti akan menemukan idiom di materi yang kamu pelajari. Idiom adalah kumpulan kata yang dipakai untuk mengekspresikan suatu benda atau peristiwa namun kumpulan kata tersebut tidak bisa diartikan secara harfiah satu persatu. Dalam bahasa Indonesia juga ada idiom seperti “meja hijau” yang berarti pengadilan bukan meja yang berwarna hijau. Karena tidak bisa diartikan secara harfiah itulah makanya banyak orang menganggap belajar idiom itu susah. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa memudahkan kamu memahami idiom-idiom bahasa Inggris secara otodidak sehingga kamu bisa meningkatkan score toefl.

Pahami konteks kalimat secara keseluruhan

Ketika kamu menemukan sebuah idiom dalam sebuah paragraf atau kalimat di buku, majalah, lirik lagu atau dalam dialog kalimat, jangan fokus pada idiomnya itu sendiri melainkan lihat kalimat tempat disematkannya idiom itu dan pahami bagaimana konteks kalimat secara keseluruhan. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira arti idiomnya.

Contohnya “I couldn’t keep a straight face when I saw my sister singing a song out loud but none the words were right.” Idiom di kalimat tersebut adalah “A Straight Face”. Jika kamu melihat kalimat secara keseluruhan kamu bisa menyimpulkan bahwa “couldn’t keep a straight face” berarti tidak bisa menahan ketawa, bukan tidak bisa menyimpan wajah lurus (jika diartikan secara harfiah).

Catat setiap idiom yang kamu temukan dalam buku khusus

Cara lain untuk meningkatkan score toefl adalah dengan membuat sebuah jurnal yang berisikan idiom-idiom yang kamu temukan. Catat idiom tersebut beserta artinya. Kamu bisa mencari arti-arti idiom dari kamus atau internet. Cantumkan juga contoh kalimatnya supaya kamu ingat bagaimana cara menggunakan idiom itu saat kamu belajar bahasa Inggris di kemudian hari.

Terjemahkan idiom yang kamu temukan dalam bentuk visual di pikiran

Kamu akan lebih mudah memahami idiom dengan menerjemahkannya menjadi bentuk visual dalam pikiran. Misalnya a straight face seperti contoh di atas. Bayangkan dalam pikiranmu bagaimana visualisasi dari kalimat di atas. Jadi ketika kamu bertemu idiom a straight face lagi di kemudian hari, kamu langsung teringat visualisasi yang kamu buat sebelumnya itu. Ini akan menjadi salah satu cara meningkatkan score toefl.

Praktikkan idiom dalam kehidupanmu sehari-hari

Yang namanya belajar bahasa Inggris harus banyak berlatih yaitu dengan banyak bicara dalam bahasa Inggris, banyak menulis kalimat bahasa Inggris, dan banyak membaca konten bahasa Inggris agar kamu juga dapat meningkatkan score pada tes toefl. Masukkan idiom yang telah kamu pelajari ke dalam percakapan sehari-hari atau dalam tulisan yang kamu buat. Jangan takut salah. Rasa takut akan membatasi kemampuan dan rasa percaya dirimu belajar bahasa Inggris. Lagipula teman belajar bahasa Inggris pasti akan paham kalau kamu sedang belajar idiom jadi mereka tidak akan mencelamu tapi malah membantu memperbaiki jika kamu salah menerapkan idiom.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*